Rabu, 13 April 2016

Mobile Learning & Cara Membuatnya Dengan Menggunakan PPT2DVD


Mobile Learning & Cara Membuatnya Dengan Menggunakan PPT2DVD



I.             MOBILE LEARNING
Mobile learning didefinisikan oleh Clark Quinn [Quinn 2000] sebagai : The intersection of mobile computing and e-learning: accessible resources wherever you are, strong search capabilities, rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based assessment. ELearning independent of location in time or space. Berdasarkan definisi tersebut maka mobile learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat di akses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik. Hal penting yang perlu di perhatikan bahwa tidak setiap materi pengajaran cocok memanfaatkan mobile learning
 
Istilah mobile learning (m-Learning) mengacu kepada penggunaan perangkat/divais teknologi informasi (TI) genggam dan bergerak, seperti PDA, telepon genggam, Laptop dan tablet PC, dalam pengajaran dan pembelajaran. Mobile Learning (m-Learning) merupakan bagian dari electronic learning (e-Learning) sehingga, dengan sendirinya, juga merupakan bagian dari distance learning (d-Learning)
Mobile learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan perangkatmobile. Dalam perangkat tersebut dadapat berupa PDA, telepon seluler, laptop,  tablet  PC, dan  sebagainya.  Dengan  mobile  learning,  pengguna  dapat mengakses konten  pembelajaran di mana saja dan kapan saja, tanpa harus mengunjungi suatu tempat tertentu pada  waktu  tertentMobile learning (m-learning)  adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan perangkat mobile. Dalam hal ini, perangkat tersebut dapat berupa PDA, Handphone,  laplaptop,  tablet  PC, dan  sebagainya.  Dengan mobile learning, pengguna dapat mengakses konten pembelajaran di mana saja dan kapan saja, tanpa harus mengunjungi suatu tempat tertentu pada  waktu  tertentu.

 Beberapa kemampuan penting yang harus disediakan oleh perangkat pembelajaran m-Learning adalah adanya kemampuan untuk terkoneksi ke peralatan lain (terutama komputer), kemampuan menyajikan informasi pembelajaran dan kemampuan untuk merealisasikan komunikasi bilateral antara pengajar dan pembelajar. M-Learning adalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran, kapan-pun dan dimana-pun. Hal ini akan meningkatkan perhatian pada materi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi pervasif, dan dapat mendorong motivasi pembelajar kepada pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning). Selain itu, dibandingkan pembelajaran konvensional, m-Learning memungkinkan adanya lebih banyak kesempatan untuk kolaborasi secara ad hoc dan berinteraksi secara informal diantara pembelajar.
Mobile learning merupakan interseksi dari mobile computing dan e-learning yang menyediakan : sumber daya yang dapat diakses dari manapun, kemampuan sistem pencarian yang tangguh, interaksi yang kaya, dukungan yang penuh terhadap pembelajaran yang efektif dan penilaian berdasarkan kinerja. Model alternatif pembelajaran yang memiliki karakteristik tidak tergantung lokasi dan waktu. Selain hal tesebut, model alternatif tersebut juga diharapkan mampu menyediakan fasilitas knowledge sharing dan visualisasi pengetahuan sehingga pengetahuan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Konsep tersebut di harapkan dapat mendorong terwujudnya suasana pembelajaran yang baru dan dapat memotivasi semangat belajar siswa dan guru.
II.           PENERAPAN MOBILE LEARNING
Penerapan mobile learning memang sangat cocok untuk pembelajaran, namun ada juga Materi ajar yang tidak cocok mengadopsi konsep mobile learning antara lain : materi yang bersifat ”hands on”, keterampilan sebagai mana dokter gigi, seni musik khususnya mencipta lagu, interview skills, team work seperti marketing maupun materi yang membutuhkan pengungkapan ekspresi seperti tarian. Mempertimbangkan hal hal tersebut diatas maka penerapan mobile learning lebih baik pada jenjang pendidikan tinggi.
Guru diharapkan memiliki kemauan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kemauan untuk menerima teknologi informasi dan komunikasi menjadi pintu awal yang mempengaruhi faktor kesiapan lain yaitu ICT literacy. Kemauan menerima teknologi akan mempengaruhi terhadap kemauan untuk menggunakan dan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. ICT literacy merupakan kemampuan teknis dan kognitif yang dimiliki guru untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar.
Siswa berperan sama pentingnya dengan guru dalam proses pembelajaran. Kemauan siswa untuk menerima teknologi juga merupakan dimensi kesiapan yang perlu diukur. Sedangkan dimensi kemampuan meliputi ICT literacy, media akses, dan daya beli siswa dalam mengakses materi pembelajaran. ICT literacy terkait dengan kemampuan teknis dan kognitif siswa dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
III.          WONDERSHARE PPT2DVD

Wondershare PPT2DVDadalah  program bahan ajar mobile learning untuk menkonversi format Ms PowerPoint menjadi video. Program ini  menawarkan suatu metoda hemat biaya untuk membakar Powerpoint Presentasi ke DVD. Tidak ada ketrampilan komputer kompleks yang diperlukan. Hanya mengimport file Powerpoint, menciptakan tampilan / wajah profesional DVD menu dari theme-based templates, dan start untuk membakar proses.
A.   Kelebihan dari PPT2DVD adalah :
1.    Mengkonversi Powerpoint ke video dinamis dibanding/bukannya satu rangkaian gambaran statis;
2.     Mempertahankan semua animasi, bunyi, klip video, pemilihan waktu dan bahkan internal hyperlinks;
3.    Ciptakan tampilan/wajah profesional DVD menuyang fleksibel dengan cepat
* Orang dapat merubah Powerpoint ke format video seperti AVI, MP4, WMV, MOV, MPEG, FLV.
Perangkat lunak ini mempermudah meningkatkan cara Anda berbagi informasi - coba bayangkan alangkah mudahnya memberikan sesorang DVD versus memberi mereka berkas dalam batang USB! . Aplikasi ini cocok di gunakan untuk membuat bahan ajar interaktif, kemungkinan anak akan lebih tertarik apabila proses pembelajaran dengan menggunakan software ini, semoga dengan adanya aplikasi ini proses belajar anak menjadi menyenangkan dan sesuai dengaan yang di harapkan pada peningkatan kualitas pendidikan di negara Indonesia. Wondershare PPT2DVD Pro membantu Anda membakar presentasi PowerPoint Anda ke DVD untuk bermain di TV atau mengkonversi tayangan slide PowerPoint Anda video dengan mudah dan cepat. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk membakar PowerPoint Slide presentasi DVD. 
Langkah-langkah yang hampir sama untuk mengkonversi PowerPoint ke video.
Pertama anda  bua mater pelajara dala bentuk  file  Ms PowerPoint. Pada contoh di bawah, unsur media yang terdapadalam materi pelajaran, yaitu: teks, animasi, audio, video, dagambar.

Kedua, Kemudian langkah berikutnya adalah save as file dan tutup materi pelajaran tersebut. Sebelum kita mengkonvert file Powerpoint tersebut, pastikanlah ukuran huruf dari Powerpoin tersebut tidak kurang dari 40 pt. karena jika kurang dari 40 pt, maka hasilnya mungkin akan lebih kecil jika nantinya dibuka di handphone ataupun Smartphone. Pastikan juga PPT yang kita buat tersebut semenarik mungkin dan lengkap meliputi teks, gambar, animasi, audio, dan video.
Klik dua kali icon Wondershare PPT2DVD di layar desktop, selanjutnya akan keluar tampilan sebagai berikut:
 
Setelah klik create video, tampilaakaberubah.  
Selanjutnya, Klik     add, tambahkan file  lalu klik next dan tampilan akan berubah


Staruntuk memulai konversi, setelah diklik Start, tampilaakan berubah menjadi:
Tunggu hingga prose konversi  selesai,  apabila  tela selesai, hasil dari konversi tersebut ditransfer melalui kabel data ke HP atau copy ke memorycard menggunakan cardreader
 


Tunggu sampai proses rendering selesai:

  
Setelah proses rendering selesai, berarti file yang kita buat telah selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar