MANFAAT DAN MADHARAT INTERNET BAGI PROFESIKU
( Sebagai Guru dan Juru Dakwah)

Era globalisasi merupakan era yang berkembang pada saat ini dan
pengaruhnya telah dirasakan, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan
masyarakat. Ini berarti suatu proses perubahan, yang ditandai semakin tingginya
tingkat aktivitas antar Negara dan semakin dipercepat dengan adanya
perkembangan teknologi informasi.
Salah satu perkembangan teknologi informasi
yang dimaksud adalah internet. Hal
ini dapat diketahui bahwa internet
merupakan salah satu sarana atau media untuk memperoleh informasi, dengan mudah
dan cepat yang hasilnya banyak pengetahuan yang diperoleh, sehingga dapat
dicapai sumber daya manusia yang berkualitas. Tidak terlepas dari sumber daya
manusia, perkembangan internet juga
didukung dari perkembangan masyarakat sehingga pengaruh dari perkembangan
masyarakat tersebut akan mempengaruhi perkembangan internet tersebut.
Manfaat yang
dapat diperoleh dari jaringan internet
sangat banyak. Hampir semua bidang dapat menikmati manfaat internet, khususnya
bidang pendidikan sehingga tidak salah jika dikatakan bahwa internet adalah motor terbentuknya new educational system atau yang populer
disebut e-education, e-learning,
e-school, e-campus, atau e-university. Pembelajaran menggunakan internet
tidak mengenal keterbatasan waktu, tempat dan keterpisahan jarak secara
geografis tetapi keinginan peserta didik untuk belajar di tempatnya sendiri.
Pemanfaatan jaringan internet dalam
pendidikan mempunyai salah satu tujuan yaitu mengatasi keterbatasan sumber
belajar yang selama ini hanya disediakan oleh sekolah dan perpustakaan serta
dapat dilengkapi dengan berselancar di dunia maya. Adanya jaringan internet dapat dilihat dan diketahui
semua yang terjadi di belahan dunia saat itu juga. Model pembelajaran yang
demikian akan lebih dinamis dibandingkan duduk diam mendengarkan guru
menjelaskan poin demi poin yang ada dalam diktat atau buku cetak. Kendala
kurangnya sumber belajar dapat diatasi dengan adanya internet yang bisa diakses oleh peserta didik di mana pun. Berbagai
macam informasi seperti perpustakaan online,
jurnal online, majalah, dan bahkan
buku-buku teks yang dapat didownload
gratis dari berbagai situs yang ada dalam dunia internet.
Pengajaran Agama
Islam dalam hal ini sering kali diajarkan di sekolah dengan menggunakan metode
ceramah, guru memberi penjelasan dengan ceramah mengenai materi pelajaran dan
siswa sebagai pendengar. Metode pembelajaran seperti ini kurang memberikan arahan
pada pencarian, pemahaman, penemuan dan penerapan. Akibatnya Pelajaran agama
Islam kurang dapat memberikan pengaruh
yang berarti pada kehidupan sehari-hari.
Dengan pembelajaran agama
Islam pada proses pembelajaran sangat perlu, sebab diketahui pembelajaran agama
Islam di antaranya berorientasi pada pembentukan pribadi anak didik hingga
memiliki akhlak yang mulia dan beriman kepada Allah SWT. sehingga internet selain sebagai media untuk
memperoleh informasi dalam lingkup yang luas
internet juga dapat digunakan
sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, anak didik dituntut untuk
menguasai dan menggunakan internet
tetapi dalam hal ini, dengan memiliki pengetahuan tentang makna Islam tersebut
anak didik mampu untuk membatasi diri agar tidak melakukan hal-hal yang
bersifat negatif terutama yang bertentangan dengan syari’at Islam.
Pada proses pembelajaran guru dapat memberikan
layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan peserta didik. Demikian pula
peserta didik dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai
sumber melalui cyber space atau ruang
maya dengan menggunakan internet. Ada 2 (dua) peranan internet
yang sangat penting, yakni:
1. 1. Sebagai sumber data
dan informasi.
2. 2. Sarana pertukaran data dan informasi.
Sebagai sumber informasi, internet
menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Menurut
Kenji Kitao setidak-tidaknya ada 3 karakteristik atau potensi internet yang dapat dimanfaatkan dalam
kehidupan sehari-hari (Kitao dalam Nindya:
2009), yaitu:
a. Sebagai alat komunikasi yang bekerja sangat cepat.
b. Sebagai alat mengakses informasi.
c. Sebagai alat pendidikan /pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet
sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu:
1A. Sebagai media interpersonal dan massa.
2B. Bersifat interaktif.
3C, Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun
asinkron.
Oleh karena itu ada beberapa manfaat dan
keuntungan yang saya dapatkan dari penggunaan internet guna menunjang aktifitas
mengajar dan dakwah Islam, diantaranya adalah :
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling
banyak digunakan dimana setiap pengguna internet
dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia;
21. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan
www (world wide web) para pengguna internet
di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah;
2. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang
pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan
akurat;
43. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi;
54. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan,
kebudayaan, dan lain-lain;
Berdasarkan hal
tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan
karakteristik yang khas, yaitu
a. Sebagai media interpersonal dan massa;
b. Bersifat interaktif,
c. Memungkinkan komunikasi secara bebas.
a. Sebagai media interpersonal dan massa;
b. Bersifat interaktif,
c. Memungkinkan komunikasi secara bebas.
Berdasarkan uraian
di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan.
Kehadiran internet lebih bersifat suplementer atau pelengkap.
Selain itu manfaat yang ditimbulkan dari kehadiran internet bagi
pendidikan antara lain :
- Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.
- Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.
- Mempermudah penjelasan konsep. Selama ini dalam materi atau bahan pelajaran disampaikan melalui metode ceramah. Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
- Pembelajaran lebih konseptual dan up to date (aktual).
- Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan. Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya, dalam membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (internet). Dengan demikian, internet dapat memperbaiki dan memperlancar administrasi pendidikan.
- Sebagai perpustakaan elektronik.
- Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.
Namun selain banyak manfaat yang bisa kita
dapatkan dari internet, ada juga kerugian dan dampak negative yang kan kita
dapatkan dari internet, diantaranya adalah :
1. Pornografi Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi;
2. Violence and Gore kekejaman dan kesadisan juga banyak
ditampilkan;
3. Carding Karena
sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan
menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia
internet;
4. Perjudian dampak
lainnya adalah meluasnya perjudian;
5. Mengurangi sifat
sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada
bertemu secara langsung (face to face);
6. Kejahatan seperti
menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet;
7. Membuat kita menjadi
pemalas;
8. Kemajuan internet
juga diikuti oleh banyaknya kejahatan yang berhubungan dengan internet (cyber
crime) seperti pembobolan rekening bank.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar